Jumat, 28 Juli 2017

Suka Bosan dalam Menulis? Ini Cara Mengatasinya!

BACATULIS.NET - Rasa bosan dalam menulis adalah perkara wajar dan sangat manusiawi bagi setiap orang, termasuk bagi penulis. Jangankan penulis pemula, penulis profesional sekalipun sering mengalami rasa bosan dalam menulis.

Yang tidak wajar adalah ketika rasa bosan itu terus dirasakan, istilahnya penulis pemula suka baper/bawa perasaan kalau rasa malas menghantui.


Lalu bagaimana cara mengatasi ketika kita bosan saat menulis. Apalagi dikejar-kejar deadline sedasng mengikuti lomba menulis atau akan mengirimkan artikel ke koran, majalah atau media online.

Pertama. Ayunkan Kaki Anda

Sesederhana ini?

Eitss jangan salah.... Ini cara pertama ketika Anda sedang bosan menulis. Ayunkan dan langkahkan kaki Anda untuk mencari suasana baru. Bercengkrama dengan saudara, melihat pemandangan di sekitar. Dengan cara ini Anda tidak akan bosan. Percaya atau tidak, Anda akan menemukan inspirasi untuk menulis.

Kedua. Dokumentasikan dengan Smartphone

Cara kedua, bidik apa yang Anda lihat di sekitar. Misal, Anda membidik objek seseorang yang sedang berpapasan dengan Anda. Apalagi Anda menemukan objek seorang kakek yang sedang mencangkul di sawah, atau pula Anda sedang melihat dan mengamati perilaku orang-orang di sekitar Anda.

Cara ini akan memberikan input positif untuk tulisan Anda.

Perlu diingat. Rasa bosan akan berhadapan dengan siapapun dengan profesi apapun. Tinggal bagaimana kita bisa menaklukkan energi bosan itu diupgrade menjadi energi positif.

Apa lagi solusinya?

OK. Jika Anda mengkhususkan diri sebagai penulis nonfiksi, menulislah yang fiksi untuk sementara waktu. Karena biasanya, penulis yang hanya berjalan di satu jalur (non fiksi saja) sering mengalami seperti ini. Maka, tak ada salahnya jika Anda menulis cerpen atau puisi.

2 komentar

benar sekali kata admin diatas,,,dan kalau saya sedang bosan menulis maka saya memilih nonton Acara TV, terutama acaranya yang menarik buat hati kita dan biasanya inspirasi akan muncul dan rasa bosan tadi lenyap.

dan juga kalau saya sedang bosan menulis...saya lebih banyak berkomentar di banyak blog.

benar Kang Nata, inspirasi menulis bisa datanga dari mana saja. Termasuk ketika kita nonoton TV


EmoticonEmoticon