Minggu, 04 Juni 2017

Majalah dan Koran yang Membuka Rubrik Bagi Penulis Penikmat Traveling

BACATULIS.NET - Bagi penulis, dari setiap perjalanan atau traveling akan menyisakan jejak-jejak isnpirasi untuk ditulis. Guna untuk dirinya, termasuk bagi siapapun yang membaca dari perjalanannya.

Ide menulis sewaktu melakukan perjalanan tidak mengenal waktu. Bisa kapan dan dimana saja. Penulis ulung tetap harus siap alat tempur; pena, kertas ditambah smartphone.

Nah, kali ini bacatulis.net akan memberikan informasi seputar majalah dan koran yang membuka rubrik untuk penulis yang senang jalan-jalan.



Jalan-jalan

Majalah ini khusus untuk perjalanan. Dimana terbitnya setiap sebualan sekali. Selain menerima tulisan seputar perjalanan, majalah Jalan-jalan juga menerima dokumentasi berupa foto-foto perjalanan. Silakan Anda mengirimkan tulisannya ke alamat email jalanjalan@indomultimedia.com

Kompas

Koran Nasional ini membuka ruang bagi penulis yang memiliki hobi tak hanya menulis, tapi juga jalan-jalan. Untuk memberikan keleluasaan bagi penulis traveling.

Kompas menyediakan rubrik yang namanya “perjalanan”. Silakan Anda bisa mengirimkan kisah perjalanannya ke alamat email kompas@kompas.com

Femina

Majalah femina termasuk majalah wanita yang terbit mingguan yang dominan mengupas soal perempuan. Mulai dari gaya hidup, kecantikan, kesehatan. Termasuk perjalanan. Di majalah Femina sendiri menyedikan rubrik yang namanaya “Rupa-rupa dan Oleh-oleh. Anda bisa mengirimkan kisah travelingnya melalui surat elektronik: redaksi@feminagroup.com

National Geographic Traveler

Majalah ini juga khususs untuk perjalanan. Anda bisa mengirimkan ke alamat email traveler@nationalgeographic.co.id atau ngm@gramedia-majalah.com

TravelXPose

Sama halnya dengan majalah National Geographic Traveler, majalah TravelXPose juga mengupas tulisan seputar perjalanan. Dimana terbit sebulan sekali.

7 Jenis untuk Traveling Mesti Anda Ketahui

Sedikitnya ada tujuh jenis tulisan seputar perjalanan bagi penulis yang merekam jejaknya lepas melakukan setiap perjalanan.


  1. Diary
  2. Feature Perjalanan
  3. Pengalaman Pribadi
  4. Sastra Perjalanan
  5. Populer
  6. Review tentang Hotel
  7.  Kuliner

Anda bisa menulis seputar perjalanan dengan gaya bahasa Anda sendiri. Layaknya menulis di buku diary. Biasanya menulis di diary selalu mengalir, tanpa beban, pun tak perlu pusing dengan ejaan bahasa yang benar. Tulisannya biasanya sering disingkat, yang penting dimengerti.

Tambahan, ada baiknya juga Anda membaca Novel seputar Petualangan, diantaranya adalah:

1. Tom Sawyer (Mark Twain)
2. 2. Keleiling Dunia dalam Waktu 80 Hari ( Jules Verne)
3. Binnetour (karl May)
4. Balada si Roy (Gol A Gong)
5. Bangkok Love Story (Gol A Gong)
6. Al Bahri (Gol A Gong)
7. Traveler’s tale; Belok Kanan: barcelona (Aditya mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, dan Imam Hidajat)
8. Sang Penandai (Tere Liye)
9. Jilbab Traveler (Asma Nadia)
10. Familly Traveler (Agnes Tri Harjaningrum)

Sebentarnya masih banyak buku seputar perjalan yang ditulis oleh para penulis yang memanfatkan perjalannnya direkam menjadi sebuah buku.

Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon