Minggu, 04 Juni 2017

Cara Menjadi Freelance Writer yang Dibayar Mahal. Cocok Bagi Penulis Pemula!

BACATULIS.NET- Mempunyai bakat dan keahlian menulis di era digital ini adalah profesi yang menggiurkan. Apalagi saat ini segala sesuatunya dikolaborasikan dengan digital marketing.

Inilah kesempatan penulis yang sudah terbiasa menulis. Berbeda ketika beberapa orang yang menganggap bahwa menulis itu susah. Padahal kegiatan menulis sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar.

Supaya piawai menulis tak sedikit orang rela mengeluarkan kocek jutaan rupiah demi mengikuti workshop kepenulisan. Itu artinya, kesempatan bagi para penulis yang sudah terbiasa menulis duluan lebih terbuka lebar. Apalagi menulis dijadikan sebagai ladang sebagai penulis profesional.



Sebelum lanjut bagaimana Cara Menjadi Freelance Writer yang Dibayar Mahal, tentu ada baiknya Anda ketahui dulu beragam yang berhubungan dengan seputar Writer Freelance.

Apa itu Writer Freelance?


Jika diartikan secara satu-satu,
Writer= Penulis
Freelance= lepas

Maka, Writer Freelance yaitu penulis lepas. Artinya seorang penulis (terlepas pemula atau profesional) yang menulis suatu artikel yang dibayar sesuai dengan kesepakatan. Meskipun dengan kesepekatan antara dua pihak, teteap tidak terikat pada satu klien saja. Jadi Anda bebas mencari klien baru untuk menggunakana jasa Anda.

Pekerjaan menulis bagi seorang Writer Freelance ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Yang terpenting, penulis harus bisa mengejar deadline (batas akhir) sesuai kesepakatan dengan klien.

Kapan seorang Freelance Writer Bekerja?


Karena profesi ini tidak terikat dengan waktu, maka pekerjaan menulisnya pun bebas. Mau dimana dan kapan saja. Fleksibel.  Namun, tetap harus ingat pada deadlinenya kapan harus disetor kepada klien.

Mengapa Harus Freelance Writer?


Kita sudah terlalu menikmati era digital. Segala hal yang bisa menjadi peluang, internet menjadi jalannya. Mulai dari promosi, branding diri atau pekerjaan, hingga melakukan interaksi sosial.

Menjadi seorang penulis lepas alias freelance writer adalah pekerjaan menulis profesional yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Ini cocok bagi Anda yang ingin bebas, namun berpenghasilan. Karena Anda tidak terikat kontrak dengan perusahaan atau klien manapun.  Kita hanya menyediakan jasa menulis.

Berbeda dengan pekerjaan normal lain yang mewajibkan Anda harus pergi ke kantor, berangkat pagi pulang sore, bahkan malam.

Istimewanya, menjadi penulis lepas ini, Anda bisa mengerjakannya meski pekerjaan tetap lainnya.

3 Jenis Artikel yang Membayar Freelance Writer


Menulis artikel, baik itu di koran, majalah, atau di blog untuk orang lain tentu Anda harus lebih jeli tulisan seperti apa yang layak menjadi pundi-pundi uang.

Setidaknya ada 3 jenis artikel yang membayar seorang penulis lepas.

Pertama, Menerjemahkan Buku

Sebagai bahan referensi, Anda bisa membaca buku-buku yang diterbitkan oleh Penerbit Gramedia. Ada ribuan judul buku berbahasa Indonesia yang ternyata itu hasil dari terjemahan dari buku-bukuberbahasa Inggris.

Jika Anda piawai berbahasa Inggris, menerjemahkan buku bisa menjadi lahan bagi Anda menambah penghasilan sebagai seorang penulis lepas.

Kedua, Menulis Buku Perusahaan atau Organisasi Nonprofit (yayasan)

Untuk jenis kedua ini. Pastinya tulisan Anda sebelumnya pernah/sudah dibaca oleh perusahaan. Karena, brand Anda sebagai seorang penulis dipertaruhkan. Biasanya untuk menulis buku perusahaan, mengenai profil perusahaan untuk kegiaan promosi. Tentunya, trik gaya bahasa promosi harus Anda pelajari.

Ketiga, Mereview Buku, Produk &Tempat Wisata

Jenis ketiga ini biasanya dilakukan oleh penulis lepas di internet alias blogger. Banyak dari blogger Indonesia yang merasakan hasil penuh berkah dari hasil mereview produk dari beberapa perusahaan.

Ini solusi bagi penulis blog (blogger) yang tidak melulu mengandalkan Google Adsense sebagai penghasilan tambahan.


EmoticonEmoticon