Sabtu, 03 Juni 2017

Cara Memasarkan Buku Sendiri Supaya Laku di Pasaran dengan Cepat

BACATULIS.NET - Bagi penulis yang pertama kali menerbitkan buku, adalah hadiah terindah ketika tulisan hasil karyanya menjadi sebuah buku dengan desain cover yang menarik.

Tapi, buat apa buku yang sudah dicetak meskipun dengan judul dan isi buku yang menarik jika tak ada yang membacanya?



Inilah pentingnya promosi, alias memasarkan buku supaya dibaca banyak orang dan laku dengan cepat di pasaran.


Tidak semua penulis jago jualan. Pintar memasarkan produknya. Keterbatasan waktu menjadi alasan klasik bagi penulis yang dikejar deadline.


Tapi, alangkah bijaknya, jika kamu membaca beberapa cara mudah mempromosikan buku yang efektif.


Apalagi cepat laku...


Itu pun jika bukumu siap berstatus best seller.


Baik, sekarang kita mulai ke langkah awal.


Saya anggap kamu sudah memiliki buku sendiri yang siap dipasarkan.



1) Buat Gambar Desain Buku Promo Online


Langkah pertama untuk mempromosikan buku sendiri supaya laku yaitu dengan membuat gambar desain buku. Bagusnya ukuran persegi, biar bisa dijadikan Photo Profil di Facebook, Twitter atau Instagram.

Jangan lupa dengan bahasa promosi yang tersembunyi. Ditambah dengan hastag yang cantik.  

2) Gabung Komunitas


Banyak sekali komunitas penulis di internet. Namun, bacatulis merekomendasikan beberapa komunitas yang layak diikuti:

  • Komunitas Bisa Menulis: Komunitas Bisa Menulis atau disingkat KBM adalah forum terbuka untuk belajar menulis yang didirikan oleh Isa Alamsyah dan tim penulis Asma Nadia. Jumlah anggota saat ini 171.454 orang (dan akan terus bertambah). Untuk bisa mengikuti KBM, kamu mental kamu harus siap dikritik keras-keras. Ini juga demi kualitas tulisan kamu.
  • Gurusiana: jika Anda guru, Gurusiana layak untuk diikuti untuk sekedar berbagi tulisan. Tentunya Anda harus daftar dulu di gurusiana. 

3) Kasih Bukumu ke Penulis lain atau Blogger sebagai hadiah untuk direview


Jangan merasa rugi ketika buku yang sudah jadi siap dijual untuk dikasihkan ke orang lain, palagi sama penulis. Kasih satu, tak lupa kita minta juga sama penulis tersebut untuk memberi komentar buku kita. 

Kalau bisa kritisi sampai habis, kita sebagai penulis buku harus siap mental jalau dikritisi atau dikasih masukan.


Penulis yang suka ngeblog lebih bagus ketimbang hanya sebagai penulis buku offline saja. Alasaannya, mereka tak hanya menulis untuk dicetak, tapi juga mereka sudah terbiasa menulis secara online. Apalagi penulis plus blogger kayak mbak Layla Hana. 

Baca Juga: Writerpreneur itu Penulis yang Naik Kelas

4) Punya Akun Toko Online


Mempunyai toko online, sekarang sangat mudah. Kita yang tidak memiliki modal cukup untuk membuat toko online sendiri, bisa beraffiliasi dengan toko online yang sudah punya nama besar. Sebut saja, Tokpedia, Lazada, atau khusus bagi penulis buku bisa memanfaatkan nulisbuku.com sebagai media penyambung antara penulis dan pembaca buku.

5) Siapkan buku minimal 12 buah untuk persediaan


Bagi penulis yang menerbitkan bukuna di indie label atau self publishing, dimana biasanya stok buku sesuai dengan permintaan. Maksunya, pihak penerbit tidak menyediakan stok buku. Maka, penulis harus menyiapkan setidaknya 12 buah buku.

Kenapa demikian?

Salah satu cara supaya buku laku dipasaran yaitu, buku kita yang sudah terbit bisa dibaca dulu sama orang lain. Apalagi direview dan ditulis atau disebarkan di blog mereka. Ini keuntungan kita sebagai penulis buku dengan jumlah cetak yang sedikit. 

Bisa juga 12 buku persediaan ini dijadikan Doorprize. Caranya kita buat kuas di akun medsos, masing-masing akun medsos memberikan buku kita untuk 3 pemenang saja.

Contoh, di akun facebook (bagusnya di fanspage) kita kasih kepada 3 pemenang, begitu pun di akun twitter dan instagram.

Selain buku kita tersebar, berkahnya follower kita bertambah.

Sebenarnya masih banyak bagamana Cara Memasarkan Buku Sendiri Supaya Laku di Pasaran dengan Cepat. Namun, untuk sementara bacatulis.net hanya berbagi cukup dengan 5 tips saja, yang penting paten.


Semoga Bermanfaat!!!

2 komentar

Mantap mas, buku apa aja mas yang saat ini sudah laris dipasaran?

Bener2 jago nulis..... enak di baca... semangat !as buat daftar adsense... ada mbah nino artikel cckckkck


EmoticonEmoticon